Pelatihan Pengelolaan Kelas Maya

5 September 2017. Dalam upaya memberikan wawasan dan pengembangan kompetensi guru-guru mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital, pengurus MGMP KKPI/Simdig JT 2 mengadakan pelatihan tentang pengelolaan kelas maya. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 5  dan 9 September 2017 dari jam 07.00 sampai dengan 15.00 di ruang laboratorium komputer dan TIK SMK Negeri 52 Jakarta.

Pada hari pertama kegiatan diikuti sebanyak 18 orang dan hari kedua diikuti sebanyak 25 orang yang terdiri dari guru-guru Simdig sekolah negeri dan swasta di wilayah Jakarta Timur 2. Pengelolaan kelas maya pada pelatihan ini menitik beratkan pada program pembelajaran e-learning menggunakan program edmodo.com.

Program edmodo.com dapat memfasilitasi guru untuk dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran yang dapat dilaksanakan kapan saja, dimasa saja dan dengan siapa saja. Program edmodo.com juga memberikan fasilitas ujian online untuk mengukur kemampuan para peserta didik, fasilitas pengumpulan tugas-tugas secara online, fasilitas berbagi file/tautan yang memperkaya materi pelajaran.
Keunggulan program edmodo untuk ujian online, guru dapat mengacak pertanyaan yang diberikan kepada peserta, guru dan peserta dapat langsung mengetahui hasilnya, guru dapat langsung mengetahui analisis butir soal yang diujikan, nilai hasil ujian dapat diunduh oleh guru dalam bentuk excel.

Keunggulan dalam penyampaian materi pelajaran, guru dapat memberikan berbagai macam materi yang dapat diunduh oleh peserta didik, guru juga dapat memberikan berbagai tautan link yang mendukung materi sehingga dapat memperkaya pengetahuan peserta didik, para peserta didik juga dapat memberikan tugas-tugas yang telah selesai dikerjakan dalam berbagai tipe file dan online.

Materi pelatihan dapat diunduh di https://drive.google.com/drive/folders/1-dSjiknDv9qZPxKOttxs70LFlPoI6Zqd?usp=sharing

Dokumentasi kegiatan dapat dilihat pada https://youtu.be/vNZDVO2thsc

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diseminasi Penggunaan Aplikasi dan Platform Untuk Menunjang Pembelajaran Bermakna, 1-3 September 2021